DAY 29: My Goals for the Future

#30DaysWritingChallenge

Ini merupakan pernyataan yang perlu kehati-hatian dalam penyampaiannya. Mungkin tidak seperti anak kecil ketika ditanya “Cita-citamu kalau sudah besar mau jadi apa?” Menurutku, ini bukan sekedar pertanyaan tersebut, tapi lebih kepada memaknai tujuan hidup.

Aku seringkali berkata “Ya” di hidup-being yes man at its best. Namun tentu aku pun berikrar untuk berani mengatakan “Tidak” pada siapapun/ apapun yang tak mendatangkan kebaikan bagi pertumbuhan jiwa, kedamaian batin, tentunya untuk menciptakan kebahagiaanku sendiri. Apakah hal itu sudah berjalan sebagaimana mestinya? Belum sepenuhnya.

Berlandaskan rasa takut dengan hasil yang tidak sesuai ekspektasi, mengakibatkan seringkali aku bermain aman dan menjadi orang yang “ga enakan”. I know that’s not good, but yea.. I’m trying to fix this anyway. 

Pada dasarnya manusia dibekali kemampuan untuk beradaptasi. Jadi aku yakin ga ada yang ga mungkin selama mau untuk beradaptasi, dan berani dengan perubahan. “Ga apa-apa perlahan, yang penting terus bergerak, Far” merupakan salah satu kalimat afirmasiku.

Jadi kembali ke apa tujuanku untuk masa depan? Menjadi pribadi yang lebih menghargai diri sendiri dulu sebelum orang lain. Di mana aku bisa berani melepaskan untuk kemudian menciptakan ruang bagi mereka yang kehadirannya mampu memperkaya hati dengan bahagia dan sukacita.

Aku rasa ketika aku bisa menguasai hal itu, aku akan jauh lebih bisa menjalani apapun yang kujalani. Merasa utuh ketika punya/ tidaknya pasangan, mumpuni secara finansial, berguna untuk sesama.

Can I get amen for that?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s