DAY 21: Write about Love

#30DaysWritingChallenge

There are tons of love in the air. I mean, how could you define what love is since it is so universal? For me love cannot be measured by anything. A mix of emotions, behaviors, affections and all.

Let me tell you one favorite love story in my life out of many stories that exist. It’s a story about my paternal grandparents.

Aku sempat meragukan pernikahan karena apa yang terjadi kepada orang tuaku. Tapi lambat laun aku menyadari kalau tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, pun untuk cinta. Ada yang gagal, begitu pula ada yang berhasil. Kegagalan bukanlah jadi akhir yang buruk, mungkin itulah jalan terbaik akan suatu hubungan. 

Salah satu kisah cinta yang hangat dan membuatku yakin kalau aku tidak perlu menjadi skeptis akan konsep rumah tangga adalah kisah kakek dan nenekku. Pada usia 23 tahun mereka memutuskan untuk menikah, lalu satu tahun kemudian dikaruniai anak lelaki yaitu Ayahku–menyusul setelahnya tiga orang anak perempuan.

Kakek hanyalah pegawai di salah satu bank pemerintah yang biasa-biasa saja, namun gigih dan penuh kerja keras–setidaknya ini yang sering nenek ceritakan dan banggakan. Apalah arti cuti atau tanggal merah jika kakek bisa mendapat uang lembur untuk keluarganya–istri dan anak-anaknya. Sedangkan nenek memutuskan mendedikasikan dirinya untuk menjadi ibu rumah tangga setelah menikah meskipun sebelumnya juga bekerja di bank.

Bukanlah kisah pertemuan mereka yang membuat kisah cinta keduanya hangat untukku, melainkan apa yang sudah mereka lalui selama 51 tahun lamanya kebersamaan mereka. Semakin senja usia mereka, semakin kulihat cinta tak bersyarat yang mereka miliki. Jangan pertanyakan bagaimana mereka mencintai anak-anak, cucu-cucu, hingga menantu-menantu mereka. Namun satu yang tak pernah pudar ialah rasa cinta kasih mereka satu sama lain.

4 tahun lalu (2016) ketika kakek tiba-tiba terkena stroke, aku tahu betul nenek terpukul namun Ia begitu sabar, lapang dada serta setia menemani kakek baik di rumah sakit hingga setelahnya fisioterapi selama kurang lebih 1,5 tahunan. Tidak pernah sekalipun aku mendengar nenek mengeluh meskipun saat itu mungkin dirinya lelah.

Ketika perlahan kondisi kakek membaik meskipun tidak akan pernah kembali sama seperti dulu, 2 tahun setelahnya (2018) nenek mengalami kecelakaan–terserempet motor yang mengharuskannya untuk operasi patah tulang bahu, gigi rontok (harus cabut dan pasang gigi palsu), hingga cek syaraf. Dengan kondisi kakek yang sudah tidak seprima dulu, Ia yang berusaha terlihat kuat, dengan sukarela atas dasar cintanya menemani nenek.

Selalu terlintas dalam benakku, apa yang menguatkan mereka sampai mereka bisa terus bertahan dan berbagi cinta kasih satu sama lain bukan hanya di antara mereka, namun juga kepada keluarganya?

74 tahun usia mereka kini, di tengah pandemi ketika mereka juga berjuang dengan kebosanan di rumah, rasa khawatir akan situasi yang ada di luar sana, mereka selalu menguatkan keluarganya yang jauh dari mereka–tanpa terkecuali aku.

My paternal grandparents are like parents, teachers, and also life mentors. How they have shown me what it means to live a life of fun, kindness and generosity. Especially, how they taught me to spread love unconditionally not only to the people you love but  also to others–although they might hate you.

From all the misfortunes that I may experience, I’m always grateful that God gave me very great grandparents. How grateful I am to have them. 

Spending time with them is one of the most favorite things to do in my life. I hope that they will be blessed with health by God so that I can meet them again after this pandemic is over.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s