DAY 2: Things That Make Me Happy

#30DaysWritingChallenge

Hidup itu misteri, siapa yang bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan? Tidak jarang kenyataan hadir jauh dari apa yang kita rencanakan hingga mungkin membuat kita merasa tidak bahagia. Namun, apa sebenarnya bahagia itu?

Buatku, bahagia itu mutlak bersifat subjektif.

Definisi bahagia untukku sudah tentu berbeda dengan yang dirasakan orang lain. Aku sangat mengimani kalimat yang berbunyi “kebahagiaan itu diciptakan, bukan dicari.” Ketika aku punya waktu untuk sejenak merenung dan meresap waktu yang sudah kulalui, aku akan mulai tersenyum memikirkan banyak kebahagiaan yang sebenarnya sudah kurasakan. Terlepas dari segala pahit yang kutelan, banyak pula hal-hal yang terdengar sederhana tapi berperan penting dalam kebahagiaanku.

Sesederhana menghirup udara pagi hari di Lembang disertai bulir-bulir embun yang menempel di dedaunan. Sesederhana sarapan ketoprak atau bubur ayam keliling dengan diaduk tentunya. Atau sesederhana melihat utas senyum orang-orang tersayang.

Baik sadar maupun tidak, ternyata banyak kesederhanaan yang bisa membuatku bahagia. Untuk semua kesederhanaan yang kurasa begitu mewah, khususnya saat ini ketika harus dan masih berjuang di tengah pandemi.

“Sometimes good things fall apart so better things can come together.”

Marilyn Monroe

Sesederhana masih bisa menghirup udara bebas (pun saat ini ruang gerak berbatas masker yang harus dikenakan ketika di luar). Sesederhana aku bisa mengalahkan rasa kantuk dan menunggu matahari terbit setelah Subuh. Sesederhana menikmati homemade overnight chia pudding untuk sarapanku. Sesederhana melihat tanaman yang kurawat tumbuh sehat. Dan masih banyak hal lainnya yang nyatanya bisa membuatku bahagia dengan cara mensyukurinya.

Nyatanya, secara sadar rasa syukur mampu membantuku merasakan emosi positif which could leads to my happiness.

Selalu ada tempat untuk kesederhanaan baru yang mampu menjadi cara untuk bahagia. Apapun yang sekarang aku, kamu, dan kita rasakan, semoga bisa selalu menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri.

We deserve our own happiness! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s