Kenapa Traveling Penting?

Pengalaman adalah guru terbaik!

Traveling is kinda investment for me. Iya, selain tabungan, deposito, tanah, emas, logam mulia, asuransi, you named it all! Mungkin masih banyak yang mikir ngapain sih ngabisin uang buat traveling? Nope! It surely is my investment per se. 

Dari mana investasinya? Uang bisa dikumpulin kok, selama mau kerja keras dan bisa atur keuangan. Tapi ada satu hal yang sulit dibeli kecuali ya dengan merasakan sendiri: traveling!

“Lo tau Google ga Far? Ga perlu keliling dunia juga lo bisa tahu ada apa aja di dunia ini.” Yea, indeed. Teknologi, internet khususnya membuat kita sebagai manusia menjadi sangat terbantu, but it’s not enough. Maksudku, pernah ga sih kamu mau makan kue nih terus nanya dong sama temanmu rasanya apa, lalu dia jawab duh kemanisan sih ini. Apa dari situ kamu tipe orang yang akan langsung percaya atau mau coba sendiri? Bisa aja kan ketika kamu yang makan, manisnya pas buatmu. Well, it’s one of many analogies here. Ini sama kayak informasi tentang dunia melalui internet, teman, kerabat, kolega, siapapun itu. Kalau bisa merasakannya sendiri, kenapa ga?

Ketika traveling, banyak hal yang bisa didapatkan. Dibandingkan sibuk misuh-misuh mikirin berapa uang yang sudah dihabiskan, menurutku itu berbanding lurus kok dengan apa yang akan didapatkan selama perjalanan. Anggap saja lagi “sekolah”. Iya. Kamu bayar kan sekolah/ kuliah/ kursus dengan tujuan mendapatkan ilmu, nah traveling mengajarkan kita ilmu tentang hidup yang mungkin ga kita dapatkan melalui metode ajar pada umumnya.

Bohong sih kalo bilang traveling ga mikirin uang. Tapi lagi-lagi aku percaya uang bisa dicari kok. Kalau memang sudah “nawaitu” nih alias niat di diri sendiri kalau mau traveling ke xxxx ya do research! Realistis aja dan buat rencana berapa biaya yang diperlukan untuk ke sana. Dari situ mulai deh atur keuangan.

Karena aku tipe yang lebih senang traveling dengan gaya “go-show”, jadi aku pribadi  selalu punya tabungan jalan-jalan, mau cuma jalan-jalannya ke mall misalnya ya itu tabungan “jalan-jalan” dan refreshment yang harus dipisahkan dari kebutuhan primer (sewa tempat tinggal, biaya transport sehari-hari, pulsa hp, biaya makan, keperluan bulanan untuk grocery, etc). Bisa juga kok kalau memang mau punya investasi lain ya disisihkan juga, misal asuransi, deposito, tabungan menikah, biaya untuk anak, ya suka-suka aja deh apa yang dirasa perlu di hidupmu.

“Ih banyak banget sih, lo pikir duit gw segambreng?” Monmaap nih kawan, kan ya ga ada patokan juga mau berapa yang disisihkan untuk itu semua.. Monggo loh diatur sesuai kebutuhan masing-masing. Nabung itu ga melulu harus dalam nominal ratusan ribu, bahkan jutaan kok, sesederhana kamu punya kembalian receh-receh, bisa kok itu disimpan dan dijadikan tabungan. Ga berasa lama-lama nanti juga banyak kan?

Highlight yang bisa dicoba nih sebelum merealisasikan traveling mu:

    1. Pilih destinasi traveling
    2. Research destinasi
    3. Tentukan budgeting plan
    4. Buat timeline
    5. Go traveling!

Nah, tahap ke-4 ini kalau bisa jangan diabaikan. Dengan membuat timeline, kita jadi bisa buat skala prioritas mana dulu yang mau dilakuin, apakah beli tiket, akomodasi, packing, atau hal-hal lainnya yang terkait sama perjalanan. Tahap crucial dan selalu bikin senut-senut kepala, tapi kalau udah berhasil dilewati…. Lega banget! Iyalah, artinya udah tinggal siap aja berangkat jalan-jalan! 😀

Jadi, kenapa traveling itu penting? Melalui traveling, aku selalu bisa melihat orang dengan budaya, bahasa, dan bisa jadi Tuhannya beda (atau bahkan tidak ber-Tuhan). Aku jadi bisa membuka pikiran dan pemahaman bahwa dunia ini luas banget sampai akhirnya sadar, bahwasanya aku mungkin ga banyak tahu apa-apa, dan sebaiknya ga perlu menghakimi apapun, siapapun.

Dari kecil, aku sudah terbiasa “dicekokin” segala macam buku bacaan dan berbagai jenis film baik itu oleh keluarga maupun lingkungan sekolah. Terlebih lagi sekolahku punya konsep belajar yang seru, di mana setiap tahunnya terhitung dari SMP-SMA, sekolahku selalu mengadakan field-trip di luar kota untuk mengenal Indonesia tuh ga cuma Jakarta aja. Ga cuma di pulau Jawa, tapi bahkan sampai luar pulau Jawa seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dll. Aku rasa dari berbagai macam hal itu ditambah rasa penasaranku yang besar, cukup menjadi alasan kenapa aku selalu tertantang dan terus bermimpi untuk traveling ke tempat-tempat baru yang belum pernah aku kunjungi.

At the end, we need to make our dreams happen. Isn’t it? 

Let’s traveling!

 

One thought on “Kenapa Traveling Penting?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s